Memahami Prinsip Kerja NFC Pada Smartphone - Nakomiku Desain

Memahami Prinsip Kerja NFC Pada Smartphone - Nakomiku Desain



Berbagai perusahaan elektronik saat ini berbondong-bondong mengeluarkan produk smartphone dengan spesifikasi yang gahar serta fitur-fitur ynag super lengkap. Kamera dengan resolusi tinggi, kemampuan zoom sampai puluhan hingga ratusan kali, Face unlock, fingerprint, wireless charge dan masih banyak lagi mungkin bisa menjadi contoh betapa majunya teknologi smartphone saat ini. Namun ada satu fitur yang kurang populer dibandingkan dengan yang sudah disebutkan sebelumnya, tetapi memiliki fungsi tidak kalah penting, fitur tersebut adalah Near Field Communication atau yang biasa disingkat dengan NFC. Lalu, apa itu NFC dan bagaimana cara kerjanya? Nakomiku Desain akan membantu kamu untuk mengenal dan memahami prinsip kerja NFC pada smartphone, baca artikel ini sampai selesai ya!
Near Field Communication (NFC)

Pengertian Near Field Communication (NFC)

Near Field Communication atau yang lebih dikenal dengan NFC adalah sebuah bentuk komunikasi jarak dekat tanpa kabel yang mampu menghubungkan dua alat elektronik satu sama lain. NFC menggunakan medan elektrik termodulasi sebagai media komunikasi, antena yang digunakan pun memiliki dimensi yang tergolong pendek agar komunikasinya tidak terganggu oleh gelombang elektromagnetik radio.
Near Field Communication merupakan salah satu bentuk pengembangan dari sistem RFID (Radio Frequency Adaption). Jika sebelumnya RFID hanya mampu melakukan komunikasi satu arah, maka NFC dapat melakukan komunikasi 2 arah. RFID diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983, sekaligus dianggap sebagai tahun cikal-bakal terciptanya NFC. Sementara Nokia 6131 (tahun 2006) merupakan ponsel pertama yang menggunakan teknologi NFC. NFC pun semakin populer dikalangan pecinta gadget dan menjadi salah satu fitur wajib yang dimiliki oleh gadget/smartphone flagship.

Prinsip Kerja Near Field Communication (NFC)

Prinsip kerja Near Field Communication ini sama seperti RFID. NFC menghasilkan gelombang dengan frekuensi tinggi yang bekerja pada spektrum 13,56 MHz. NFC akan mendeteksi perangkat pasif dari NFC tujuan kemudian menginduksikan arus listrik agar perangkat pasif tersebut dapat bekerja dan berkomunikasi. Near Field Communication (NFC) memiliki 2 jenis perangkat, yaitu perangkat aktif dan perangkat pasif.
  1. NFC Aktif
    NFC dengan perangkat aktif memiliki kemampuan mengirim serta menerima data (komunikasi dua arah). COntoh NFC dengan perangkat aktif adalah NFC pada smartphone.
  2. NFC Pasif
    NFC dengan perangkat pasif adalah jenis NFC yang hanya dapat menyimpan data saja. Data pada NFC pasif ini dapat dibaca dan diubah oleh NFC aktif. NFC pasif dikenal juga dengan istilah NFC Tag.

Manfaat Near Field Communication (NFC)

Near Field Communication menjadi populer bukan tanpa alasan. NFC dengan teknologi medan elektrik termodulasinya serta kemampuan menyimpan data dan transfer data yang cepat, kemudian diaplikasikan dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Beberapa pemanfaatan teknologi NFC yaitu:
  1. Melakukan Payment
    Salah satu fungsi NFC yang paling banyak digunakan adalah fitur payment atau pembayaran. Di smartphone yang memiliki fitur NFC, smartphone tersebut bisa menggantikan peran kartu kredit maupun uang tunai. Kamu hanya perlu men-tap smartphone kamu pada perangkat transaksi, dan NFC akan otomatis melakukan pembayaran. Kamu juga bisa melakukan transaksi di toll menggunakan fitur ini.
  2. Memindahkan Data dan Pengaturan Ponsel
    Kamu bisa memindahkan data dan pengaturan dari ponsel lama ke ponsel yang baru memanfaatkan teknologi NFC. Sangat efisien bukan?
  3. Connect ke wifi otomatis
    Kamu bisa menyimpan password wifi kedalam NFC Tag, sehingga yang ingin terhubung ke wifi cukup melakukan pairing ke NFC tag tersebut dan perangkat akan otomatis terhubung ke wifi.
  4. Pelayanan Otomatis lainnya
    Banyak lagi kemudahan yang dpaat diperoleh dari penggunaan NFC, beberapa diantaranya yaitu : Menggunakan NFC sebagai kunci pintu otomatis (banyak ditemukan di hotel), Kartu identitas diri/pegawai dengan teknologi NFC, dan masih banyak lagi.
Tidak heran kan ketika fitur NFC pada smartphone dikatakan sebagai salah satu fitur utama yang wajib dimiliki oleh smartphone keluaran terbaru? NFC mampu memudahkan penggunanya dalam berbagai bidang kehidupan. Semoga pembahasan tentang NFC ini bermanfaat untuk teman-teman.