7 Unsur Utama Dalam Desain Grafis

nakomikudesain.com Mendesain bukan hanya tentang membuat sesuatu menjadi terlihat menarik, tetapi lebih dari itu, desain juga sarat akan penyampaian pesan. Oleh sebab itu, terdapat unsur-unsur penting dalam desain grafis yang harus dipahami agar desain yang kita buat tidak hanya sekedar "menarik" tetapi juga bermakna. Selain itu, dengan mamahami unsur-unsur utama dalam desain grafis akan memudahkan kamu dalam belajar desain.

 

Baca Juga :  Cara Export File di Adobe Illustrator - Nakomiku Desain

6 Unsur Utama Dalam Desain Grafis - Nakomiku Desan

Unsur Utama Dalam Desain Grafis

Terdapat enam unsur utama dalam desain grafis, yaitu warna, value, tekstur, ruang, garis, bentuk, dan ukuran. Berikut telah kami rangkum penjelasan dari tujuh unsur tersebut agar lebih mudah dipahami.
  1. Warna
    Warna didefinisikan sebagai spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Terdapat dua jenis warna yang umum digunakan dalam desain grafis, yaitu warna RGB dan warna CMYK. Jika kamu belum tahu apa penjelasan dan perbedaan dari warna RGB dan CMYK, kamu bisa baca artikel kami tentang "perbedaan warna RGB dan CMYK" disini.

    Warna bisa menjadi identitas dan ciri khas suatu desain, dan setiap warna memiliki arti dalam sudut pandang psikologis. Misalnya, warna merah melambangkan kehangatan, passion, energi dan bahaya. Sementara warna kuning memiliki arti cerah, hangat, dan bersahabat.

    Baca Juga Psikologi Warna Dalam Dunia Desain Grafis - Nakomiku Desain

  2. Value
    Value  memiliki peran untuk menentukan besar kecilnya ketajaman pada obyek. Value juga biasa didefiniskan sebagai unsur gelap-terang. Pada prakteknya, objek yang memiliki value lebih tajam dibanding yang lain biasanya merupakan objek yang sengaja ditonjolkan dalam suatu desain.

  3. Tekstur
    Tekstur adalah bentuk keadaan permukaan suatu bidang atau objek. Tekstur yang diaplikasikan pada suatu desain grafis akan memberikan kesan yang lebih nyata pada desain tersebut. Hampir semua perangkat lunak desain grafis memiliki fitur untuk menambahkan tekstur pada objek, khususnya pada perangkat lunak desain 3D. Pada perangkat lunak desain 3D, kita dapat membuat bentuk 3d suatu objek lengkap dengan tekstur permukaan yang sangat mirip dengan keadaan aslinya, tentu saja dengan melalui proses rendering terlebih dahulu.

  4. Ruang
    Ruang yang dimaksud disini adalah jarak atau space antara objek-objek dalam desain grafis agar pesan yang ingin disampaikan mudah dipahami dan agar hasil desain lebih rapih. Ruang yang ada sebaiknya presisi sehingga hasil desain tidak terkesan "berantakan" kecuali jika konsep desain yang ingin dibuat memang disengaja seperti itu.

  5. Garis
    Garis yaitu unsur desain yang menghubungkan antara titik poin satu dengan titik poin yang lainnya. Hubungan tersebut agar membentuk gambar garis curve atau lurus. Di dalam dunia komunikasi visual / desain grafis, seringkali seorang desainer grafis menggunakan solid line, dotted line, serta garis putus-putus.

    Baca Juga : Cara Membuat Efek Papercut di Illustrator - Nakomiku Desain

  6. Bentuk
    Bentuk atau shape yaitu unsur yang memberikan suatu pola dalam obyek. Bentuk dasar pada umumnya adalah segitiga (triangle), Persegi (square), dan lingkaran (circle). Penggabungan dari beberapa shape dapat menciptakan suatu objek yang menarik.

  7. Ukuran
    Ukuran tau size adalah unsur yang berkaitan dengan panjang, lebar, dan tinggi suatu objek dalam desain grafis. Biasanya poin-poin penting dalam suatu desain memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan objek-objek lainnya. Objek-objek penting tersebut misalnya : judul/headline, semboyang/tagline, diskon, dan sebagainya.

Tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Nakomiku Desain? Silahkan hubungi kami melalui email : nakomikudesain@gmail.com
 
Mengetahui dan Memahami tentang unsur-unsur utama dalam desain grafis adalah hal yang sangat penting apalagi buat kamu yang mau menjadi desain grafis profesional ataupun sedang menempuh pendidikan Desain Komunikasi Visual dan jurusan-jurusan yang behubungan dengan desain grafis. Semoga tulisan ini bermanfaat, salam nakomikus!