Berbagai Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

nakomikudesain.com Dunia desain grafis terus mengalami perkembangan, berbagai software-software baru terus bermunculan, desainer-desainer yang penuh talenta pun semakin mengembangkan skillnya, dan desainer lawas mulai digantikan oleh desainer-desainer baru sebagai sebuah bentuk regenerasi dalam industri ini. Beberapa Desainer-desainer baru tersebut tentu saja mengalami berbagai kesulitan dalam proses pembentukan menjadi desainer grafis profesional, salah satu kesulitan yang cukup sering dialami adalah tidak paham dengan berbagai istilah yang sebenarnya lazim digunakan dalam dunia desain itu sendiri.

Oleh sebab itu, tim nakomiku desain telah merangkum berbagai istilah yang lazim digunakan dalam dunia desain grafis beserta penjelasannya, agar para desainer grafis pemula ini tidak bingung lagi ketika mendengar istilah-istilah tersebut.

Berbagai Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

Ketika kamu sedang mengikuti suatu forum yang berkaitan dengan desain grafis ataupun membaca tulisan tentang desain grafis dan sejenisnya, kamu mungkin akan mendengar istilah-istilah seperti mockup, portofolio, vector dan bitmap, line art, dan sebagainya. Jika kamu adalah seorang pemula, kamu mungkin akan bingung ketika pertama kali mendengar kata-kata tersebut. Simak berbagai istilah berikut beserta penjelasannya agar kamu lebih paham tentang istilah-istilah dalam dunia desain grafis.
  1. Mockup
    Mockup adalah sebuah media yang menampilkan preview dari desain yang akan dibuat. Mockup ini bisa dibuat secara manual pada objek asli, dan bisa juga dibuat menggunakan aplikasi desain grafis seperti coreldraw, photoshop, illustrator, dan sebagainya. Perhatikan contoh mockup desain berikut.
    Desain dan Mockup Desain
  2. Portofolio
    Dalam dunia desain grafis, portofolio biasa didefinisikan sebagai kumpulan karya terbaik seorang desainer grafis yang berasal dari berbagai proyek yang telah dikerjakan sebelumnya. Portofolio memiliki manfaat sebagai bukti "kualitas" desain yang bisa kita buat agar calon klien percaya untuk menggunakan jasa kita dalam mengelolah proyek desain. Kamu bisa membuat portofolio desain kamu diberbagai platform media sosial seperti : instagram, behance, dribbble, personal website, dan sebagainya.

  3. Color Palette
    Color Palette atau palet warna adalah sekumpulan warna yang dipilih atau disusun berdasarkan acuan tertentu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, yang kemudian diaplikasikan kedalam desain yang dibuat. Palet warna juga bisa menjadi ciri khas suatu desain. Jika kamu masih bingung dalam menentukan palet warna yang ingin kamu gunakan, kamu bisa menggunakan beberapa situs penyedia palet warna secara gratis. Beberapa situs penyedia palet warna tersebut dapat kamu baca disini

  4. Trace
    Trace secara sederhana dapat diartikan sebagai menjiplak gambar, kegiatan men-trace gambar disebut dengan tracing. Tracing dilakukan agar desain yang akan dibuat menyerupai bentuk aslinya, dan juga kita tidak perlu membuat sketsa kasar karena cukup mengikuti gambar asli. Tracing bisa dilakukan baik secara manual  maupun secara otomatis menggunakan software desain grafis.

  5. Shading
    Shading adalah proses mengatur pencahayaan pada desain yang dibuat. Shading sangat populer dikalangan desainer yang berfokus pada pembuatan vector/vexel manusia/hewan. Shading yang baik akan menghasilkan desain yang memiliki nuansa realistik khususnya pada bagian pencahayaan (gelap-terang).

  6. Design Brief
    Design brief adalah dokumen yang berisi kesepakatan antara desainer dan klien tentang berbagai hal yang berkaitan dengan projek yang akan dikerjakan. Contoh isi dari desain brief antara lain : Budget projek, lama pengerjaan, konsep desain, jumlah maksimal revisi, palet warna yang akan digunakan, dan sebagainya. Penggunaan design brief berfungsi untuk menyatukan paham antara desainer dan klien, agar tidak terjadi miss komunikasi.

  7. Microstock
    Microstock adalah suatu platform online untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara submit desain ke agensi microstock, dimana penghasilan diperoleh dari desain kita yang di download oleh orang lain. Semakin banyak download, maka semakin tinggi pula pemasukan yang kita peroleh. Microstock sangat populer dikalangan desainer grafis sebagai tempat untuk mendapatkan pasif income. Beberapa agensi microstock yang populer yaitu : Freepik, Shutterstock, dan Adobestock.

  8. Vector dan Bitmap
    Vector dan Bitmap adalah dua jenis desain yang berbeda. Vector adalah gambar yang tersusun atas objek geometris yang didasarkan pada hitungan matematis. Sedangkan Bitmap adalah gambar yang tersusun oleh objek titik-titik yang bernama pixel. Selengkapnya tentang perbedaan vector dan bitmap bisa kamu baca disini

  9. Sketsa
    Sketsa adalah gambar kasar yang menjadi acuan dalam pembuatan desain ataupun ilustrasi. Kemampuan membuat sketsa menajdi nilai plus bagis eorang ilustrator.

  10. Warna RGB dan Warna CMYK
    Warna RGB adalah singkatan dari Red, Green, dan Blue. Warna RGB digunakan untuk desain yang produk finalnya hanya akan diaplikasikan pada media digital. Sedangkan warna CMYK adalah singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Warna CMYK digunakan untuk desain yang produk finalnya berupa desain yang akan di print out atau dicetak. Pembahasan lengkap tentang warna RGB dan CMYK bisa kamu baca disini

  11. Layout
    Layout adalah tata letak komponen-komponen dalam media desain. Layout sangat berpengaruh pada estetika/keindahan desain yang dibuat, serta mempengaruhi apakah pesan yang ingin disampaikan dalam desain mampu dimengerti oleh audience.
 Tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Nakomiku Desain? Silahkan hubungi kami melalui email : nakomikudesain@gmail.com
 
Demikianlah tulisan tentang "Berbagai Istilah Dalam Dunia Desain Grafis", semoga bermanfaat. Salam Nakomikus!