Desain Icon Google Apps Terbaru untuk Google Workspace 2020 - Nakomiku Desain

nakomikudesain.com Google secara resmi telah melakukan rebranding pada G Suite menjadi Google Workspace, yaitu sebuah layanan untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kolaborasi secara online, untuk keperluan bisnis. Dengan peresmian Google Workspace ini, beberapa aplikasi google (Google Apps) juga turut mengalami perubahan pada bagian icon/logo. Perubahan ini bertujuan untuk memperkuat image dari Google Workspace dan tentunya agar tampilan icon-icon google apps menjadi lebih fresh. Penasaran dengan aplikasi apa saja yang mengalami perubahan pada bentuk iconnya? simak tulisan ini sampai habis ya!

Desain Icon Google Apps Terbaru 2020 - Nakomiku Desain

Desain Icon Google Apps Terbaru 2020

Dari empat belas (14) aplikasi google yang terdapat pada Google Workspace, terdapat enam (6) aplikasi yang telah dikonfirmasi perubahan pada iconnya, lima aplikasi tersebut yaitu :

Google Mail (GMail)

Icon Baru Google Mail

Google Drive

Icon baru Google Drive

Google Calendar

Icon Baru Google Calendar

Google Docs

Icon Baru Google Docs

Google Meet

Icon Baru Google Meet

Google Apps Script

Icon Baru Google Apps Script
Keenam icon aplikasi diatas memiliki kesamaan pada palette warna yang digunakan, serta masing-masing memiliki bentuk yang lebih sederhana dibandingkan dengan icon sebelumnya. Palette warna yang digunakan pun diambil dari empat warna yang terdapat pada logo google, yaitu merah, kuning, hijau, dan biru.
Jika diperhatikan dengan seksama, icon aplikasi-aplikasi google versi lama memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga lebih mudah dikenali dan dibedakan. Sementara icon aplikasi google terbaru memiliki keseragaman warna, serta bentuk yang lebih sederhana. Hal ini membuat icon-icon tersebut terlihat lebih rapih dan profesional, namun terdapat kelemahan yaitu jika dilihat hanya sekilas, icon-icon tersebut hampir tidak ada bedanya, sehingga pengguna bisa saja salah membuka aplikasi.
Setiap perubahan yang dilakukan memang selalu memiliki sisi positif dan negatif, namun jika perubahan yang dilakukan bertujuan untuk sesuatu yang lebih baik, tidak salah bukan? Demikian tulisan tentang "Desain Icon Google Apps Terbaru untuk Google Workspace 2020" ini kami buat, semoga bermanfaat, sampai jumpa, Salam Nakomikus!