Mengenal Berbagai Software Editing Buatan Adobe - Nakomiku Desain

nakomikudesain.com Kalian mungkin sangat familiar atau setidaknya pernah mendengar tentang Photoshop, After Effect, dan Adobe Premiere, ketiga perangkat lunak tersebut merupakan aplikasi editing buatan Adobe, yaitu sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang berfokus pada pembuatan perangkat lunak komputer. Namun, tahukah kamu bahwa produk adobe bukan hanya tiga software tersebut, tetapi terdapat puluhan software editing buatan adobe yang saat ini beredar dipasaran dan memiliki banyak pengguna. Jika kamu sudah paham dan terbiasa menggunakan satu produk adobe, kamu tidak akan kesulitan dalam mempelajar/menggunakan produk adobe yang lain karena rata-rata memiliki user interface (UI) dan fitur yang hampir serupa satu sama lain.

Mengenal Berbagai Software Editing Buatan Adobe

Buat kamu yang penasaran dengan software-software editing apa saja yang dibuat oleh Adobe, Tim Nakomiku Desain udah bikin review singkat dari berbagai software editing buatan Adobe loh, simak sampai habis ya!

Adobe Photoshop (Ps)

Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah software desain grafis berbasis bitmap yang sangat populer diberbagai kalangan. Software ini berfokus pada pengeditan gambar dengan memberikan efek khusus atau untuk memanipulasi gambar. Adobe mengklain bahwa Photoshop merupakan software pencitraan dan desain grafis terbaik didunia yang mampu mengedit dan melakukan pengaturan komposisi gambar serta bsia digunakan untuk membuat lukisan digital (digital painting), animasi dan desain grafis.

Adobe InDesign (Id)

Adobe InDesign
Adobe InDesign adalah software Desktop Publishing (DTP) yang dibuat oleh Adobe yang berfokus pada pembuatan layout majalah, poster, brosur, atau buku. InDesign sangat cocok jika anda ingin membuat layout desain yang lebih dari satu halaman, karena kemampuan tata letaknya yang tidak diragukan lagi. Adobe Indesign sangat mudah ditemui diberbagai perusahaan percetakan buku, koran, dan majalah.

Adobe Illustrator (Ai)

Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah software desain grafis berbasis vector yang cukup populer dan sering dibanding-bandingkan dengan coreldraw, yaitu aplikasi berbasis vector buatan Corel. Adobe Illustrator sangat coock untuk digunakan oleh desainer grafis yang berfokus membuat desain berbasis vector seperti desain logo, desain infografik, desain poster, membuat ilustrasi, dan berbagai desain berbasis vector lainnya.

Adobe Premiere Pro (Pr)

Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro adalah software penyunting video buatan Adobe yang sangat populer dikalangan editor video profesional. Software ini banyak digunakan oleh perushaan yang bergerak dibidang produksi film, drama/sinetron, broadcting, serta pertelevisian. Beberapa film populerpun menggunakan Adobe Premiere Pro untuk menyunting sinematografinya, film-film tersebut misalnya : Superman return, Dust to glory, deadpool, serta Terminator : Dark fate.

Adobe After Effect (Ae)

Adobe After Effect
Adobe After Effect adalah Compositing Software buatan Adobe yang berfokus pada pembuatan Motion Graphic dan penambahan efek khusus pada video. After Efek memiliki 50 efek standar yang bisa sangat membantu dalam menambahkan efek visual pada video. Walaupun sama-sama bisa digunakan untuk mengedit video, namun Adobe Premiere Pro dan After Effect memiliki perbedaan yang cukup kontras. Premiere Pro lebih difokuskan untuk melakukan pekerjaan "umum" software editing vedio, seperti memotong video (cutting), memberi efek transisi, serta mengurutkan beberapa video berbeda. Sementara After Effect lebih berfokus pada pembuatan motion grafik serta juga berfungsi untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti keying, matting, dan efek CGI. Menggabungkan Premiere Pro dan After Effect adalah pilihan yang lebih baik dari pada hanya memilih slah satu diantaranya.

Adobe Lightroom (Lr)

Adobe Lightroom (sumber gambar : adobe.com)
Adobe Lightroom (Lr) adalah software editing foto buatan adobe yang berfokus pada retouch foto serta mengedit warna foto. Adobe Lighroom sangat cocok digunakan jika kamu ingin mengelolah foto dalam jumlah besar. Software ini juga sangat mudah untuk dipelajari. Sekilas Photoshop dan Lightroom memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengedit foto. Namun, Photoshop bisa digunakan untuk retouch foto dan bisa juga digunakan untuk memberikan efek manipulasi pada foto, sehingga lebih menarik dan mampu menghasilkan gambar yang bersfat imajinatif. Sedangkan Lighroom berfokus pada retouch foto serta lebih coock untuk mengelolah foto dalam jumlah besar. Photoshop juga bisa melakukan pekerjaan seperti retouch foto, namun fitur pada lightroom  lebih memudahkan dalam pengerjaan retouching.

Adobe Dimension (Dn)

Adobe Dimension
Adobe Dimension adalah software desain 3D yang dibuat pertama kali pada maret 2017.Adobe Dimension memiliki fitur lengkap seperti model 3D bahan, lingkungan, dan penchayaan yang memudahkan untuk digunakan bahkan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang desain 3D sama sekali.Adobe Dimension bisa kamu gunakan untuk membuat mockup desain. Adobe Dimension juga memiliki fitur renderingnya sendiri.

Adobe Dreamweaver (Dw)

Adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver (sebelumnya dikenal dengan dengan Macromedia Dreamweaver) adalah software pengedit halaman web. Dreamweaver mendukung banyak bahasa markah diantaranya HTML, JavaScript, CSS, dan XML. Software ini memiliki interface WYSIWYG (What You See Is What You Get) untuk membuat dan mengedit halaman web.

Demikianlah pembahasan tentang "Mengenal Berbagai Software Editing Buatan Adobe". Sebenarnya masih banyak lagi software editing buatan Adobe yang belum sempat kami review dalam tulisan ini, namun tetap akan kami bahas nanti ya. Biar ngga ketinggalan artikel-artikel terbaru dari kami, silahkan subscribe nakomikudesain.com, form nya ada dibagian bawah ya! Salam nakomikus!

2 comments: Mengenal Berbagai Software Editing Buatan Adobe - Nakomiku Desain