Jangan Membandingkan Photoshop Dan Coreldraw - Nakomiku Desain

nakomikudesain.com Cukup sering kita mendengar orang-orang disekitar kita bertanya ataupun memberi argumen tentang mana yang lebih baik antara Adobe Photoshop VS Coreldraw. Keduanya merupakan perangkat lunak desain grafis yang populer dikalangan desainer grafis, dari yang sudah profesional, sampai desainer grafis pemula atau yang hanya iseng belajar desain grafis. Namun, manakah software desain grafis yang lebih baik, Photoshop atau Coreldraw?

Photoshop VS Coreldraw - Nakomiku Desain

Photoshop VS Coreldraw

Sebelum menentukan mana yang terbaik antara photoshop dan coreldraw, baca terlebih dahulu informasi singkat mengenai dua software tersebut berikut ini.

Adobe Photoshop

Photoshop adalah software desain grafis berbasis bitmap yang diciptakan oleh Adobe Systems dan pertama kali didistribusikan pada bulan september tahun 1988. Photoshop dikhususkan untuk mengedit gambar/foto serta untuk menambah atau mencipatakan efek khusus pada foto. Seperti software editing adobe family pada umumnya, photoshop juga memiliki fitur "layer" yang memudahkan kita dalam mengorganisir elemen-elemen desain pada artboard kita, sehingga lebih mudah untuk dilakukan pengelompokan elemen desain berdasarkan kriteria tertentu. Format file default dari dokumen photoshop adalah .psd (photoshop document), .psb (untuk file photoshop yang berukuran lebih dari 2 GB), dan .pdd (untuk versi yang hanya mendukung software PhotoshopDeluxe).

Coreldraw

Coreldraw adalah software desain grafis berbasis vector yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan software yang memiliki basis di ottawa, Kanada. Berbeda dengan photoshop yang memiliki menu yang cukup rumit, coreldraw memiliki menu yang lebih sederhana dan mudah dipahami sehingga banyak diminati oleh orang-orang yang baru belajar desain grafis. Format file default dari dokumen coreldraw adalah .cdr (coreldraw file).

Mana Yang Lebih Baik?

Kembali ke topik utama, mana yang lebih baik antara Photoshop VS Coreldraw?. Perlu kamu ketahui, bahwa membandingkan antara Photoshop dan Coreldraw adalah hal yang kurang tepat untuk dilakukan.. Alasannya adalah karena kedua software tersebut memiliki "jobdesk" yang berbeda. Membandingkan antara photoshop dengan coreldraw ibarat membandingkan spidol dengan pulpen, walaupun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menulis, namun spidol lebih cocok untuk digunakan di papan tulis, sedangkan pulpen lebih cocok digunakan di kertas. Walaupun sama-sama software desain grafis, Photoshop dan Coreldraw memiliki perbedaan jobdesk. Jobdesk Photoshop adalah mengerjakan projek desain berbasis bitmap, sedangkan Coreldraw memiliki jobdesk mengerjakan projek desain berbasis Vector. Jika kamu belum memahami perbedaan antara Bitmap dan Vector, kamu bisa membacanya DISINI.

Untuk perbandingan yang lebih sesuai, kamu bisa membandingkan antara Adobe Photoshop VS Corel Photopaint (keduanya merupakan software desain grafis berbasis bitmap) atau membandingkan antara Adobe Illustrator VS Coreldraw (sama-sama software desain grafis berbasis vector). Demkianlah tulisan tentang "Jangan Membandingkan Photoshop Dan Coreldraw", semoga bermanfaat untuk kita semua.