Psikologi Warna dalam dunia Desain Grafis
Menurut teman-teman, apa unsur yang paling penting desain grafis? apakah Bentuk? atau Layout? atau bahkan Warna?. menurut Nakomiku Desain, semuanya sama penting, karena memiliki perannya masing-masing. ngomong-ngomong soal warna, warna tidak hanya berfungsi sebagai unsur untuk "mempercantik" suatu desain, tetapi warna mampu mempengaruhi psikologis orang yang melihatnya.
setiap warna ternyata memiliki makna tersendiri yang mampu menyampaikan pesan tertentu. Berikut Nakomiku Desain udah rangkum masing-masing warna beserta maknanya.
![]() |
| Sumber Gambar : Unsplash.com |
- Warna Merah

Logo Youtube - warna Merah Warna merah melambangkan passion, energi, bahaya, agresi, kehangatan dan panas. Penelitian menunjukkan bahwa warna merah bisa menstimulasi nafsu makan, karena itulah banyak pula restoran atau produk makanan yang menggunakan warna merah untuk logo mereka. Warna merah anak membuat logomu terlihat lebih dinamis.
- Warna Kuning
Warna kuning mmiliki arti cerah, hangat, dan bersahabat. selain warna merah, warna kuning juga ternyata mampu menstimulus nafsu makan. Tetapi kamu juga harus berhati-hati dalam menggunakan warna ini, sebab warna kuning juga bisa berarti pengecut dan juga digunakan dalam rambu-rambu peringatan.
Logo lama Nakomiku Desain - Kuning
- Warna Biru
Warna biru merupakan salah satu warna sering digunakan untuk logo perusahaan. Warna ini menyiratkan profesionalisme, pemikiran yang serius, integritas, ketulusan dan ketenangan. Biru juga diasosiasikan dengan otoritas dan kesuksesan. Karena itulah warna ini populer digunakan oleh institusi financial dan badan pemerintah.
Logo Facebook - warna biru - Warna Ungu

Logo axis - warna ungu Warna Ungu mengimplikasikan kemewahan dan royalty. Warna ini sejak lama diasosiasikan dengan gereja, mengimplikasikan kebijaksanaan dan martabat. Sepanjang sejarah yang ada, warna ini telah menjadi warna dari harta dan kekayaan
- Warna Hijau

Logo Tokopedia - warna Hijau Warna Hijau biasanya digunakan ketika ingin menonjolkan sifat natural dan beradab dari suatu perusahaan. Warna ini juga memiliki arti lain seperti pertumbuhan dan kesegaran, karenanya warna ini popular digunakan oleh produk-produk organik, makanan vegetarian dan produk finansial.
- Warna Coklat

Logo Vital Ground - Warna Colat Warna coklat melambangkan sifat maskulin. oleh sebab itu, warna coklat seringkali digunakan untuk produk-produk outdoor.
- Warna Merah Muda/Pink

Logo Barbie - Warna Merah muda/Pink Warna merah muda/pink adalah warna yang menyenangkan dan menggoda, akan tetapi kesan feminin dari warna ini membuatnya sering dihindari produk-produk yang tidak ditargetkan khusus untuk wanita.
- Warna Hitam

Logo Adidas - warna hitam Warna Hitam mempunyai makna yang melambangkan keanggunan, kemakmuran, dan kecanggihan, juga merupakan warna yang independent dan penuh misteri. namun disisi lain, warna hitam juga kerap diidentikkan sebagai simbol kejahatan dan kematian.
- Warna Putih

Logo Toyota - Warna Putih Warna ini umumnya dikaitkan dengan kemurnian, kebersihan, kesederhanaan dan kenaifan. Dalam praktiknya, logo putih akan selalu membutuhkan area berwarna agar terlihat pada latar belakang putih. Oleh karena itu, perusahaan biasanya membuat versi berwarna dari logo putih mereka agar dapat digunakan dengan latar belakang putih.
Demikianlah artikel tentang Psikologi warna dalam dunia desain grafis yang sudah dirangkum oleh tim Nakomiku Desain, semoga dapat memberi manfaat bagi teman-teman.

