5 Situs Penyedia Color Palette Terbaik di Tahun 2020 - Nakomiku Desain

5 Situs Penyedia Color Palette Terbaik di Tahun 2020

nakomikudesain.com Bagi seorang Desainer Grafis, memilih perpaduan warna untuk karya yang akan dibuat adalah hal yang tergolong susah-susah gampang. Susah karena terkadang warna yang ketika dipikirkan/dibuat konsepnya sepertinya akan bagus hasilnya, namun ketika sudah diaplikasikan ke objek desain, hasilnya justru mengecewakan. Namun memilih paduan warna juga tergolong mudah jika kita sudah memiliki perpaduan warna yang menjadi ciri khas desain kita. Perpaduan Warna inilah yang kemudian lebih dikenal dengan istilah Color Palette.
Ilustrasi Color Pallette

Pengertian Color Palette

Color Palette terdiri dari dua kata yang diambil dari bahasa inggris yaitu Color dan Palette. Color jika diterjemahkan kedalam bahsa indonesia memiliki arti warna.sedangkan Palette memiliki arti sebagai wadah yang digunakan untuk meletakkan beberapa warna sekaligus.
berdasarkan penjelasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa Color Palette adalah sekumpulan warna yang dipilih atau disusun berdasarkan acuan tertentu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, dengan tujuan untuk menghasilkan kombinasi warna yang menarik dan mampu merepresentasikan pesan yang ingin disampaikan.

Manfaat Color Palette

Color Palette memiliki banyak manfaat, khususnya dalam bidang desain grafis. manfaat Color Palette diantaranya yaitu agar kombinasi warna yang dipilih memiliki tidak crash satu sama lain, warna mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan, serta warna mampu menjadi cirikhas desain kita. Mungkin kamu pernah melihat sebuah desain dimana warna objek foreground dan warna background saling bertabrakan (crash) sehingga objek tidak dapat terlihat/terbaca dengan jelas, ini adalah salah satu contoh kasus dari buruknya pemilihan Color Palette.
Ilustrasi Color Palette (sumber gambar : unsplash)

Situs Penyedia Color Palette

Menentukan Color Palette adalah hal yang cukup sulit terkhususnya bagi yang baru terjun kedunia desain grafis. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab terdapat banyak situs yang menyediakan banyak pilihan color palette/kombinasi warna yang bisa kamu jadikan inspirasi. berikut 5 situs penyedia color palette terbaik di tahun 2020 menurut Nakomiku Desain yang bisa kamu jadikan rujukan!

  1. Adobe Color
    Adobe Color adalah situs penyedia color palette gratis yang dibuat oleh Adobe. Buat kamu yang belum tahu, Adobe adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak dibidang animasi, grafis, video, dan pengembang web. Beberapa produk dari perushaan Adobe adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe  Indesign, dan masih banyak lagi.
    Kamu dapat mengakses Adobe Color melalui link: color.adobe.com/

  2. Color-Hex
    Color-Hex memberikan informasi tentang warna termsuk model warna yaitu RGB, HSL, HSV, CMYK, warna triadic, warna monokromatik dan warna analog. Di webiste Color-Hex, terdapat lebih dari 66 ribu color palette yang terdaftar. 66 ribu color palette menurut kami sudah sangat lebih dari cukup.
    Akses Color-Hex melalui link: color-hex.com

  3. Coolors
    Coolors memiliki fitur agar pengunjung bisa membuat color palettenya sendiri secara langsung diwebsite tersebut. selain itu, kamu bisa menemukan inspirasi melalui palette yang telah disediakan. Coolors juga memiliki fitur plug-ins untuk browser yang kita gunakan, sehingga sangat memudahkan dalam mengakses fitur-fitur menarik yang disediakan oleh Coloors.
    Akses Coolors melalui link: coolors.co

  4. Colorhunt
    Buat kamu yang tidak terlalu nyaman dengan pilihan warna yang terlalu banyak, dan lebih senang pilihan-pilihan warna yang sederhana namun tetap terlihat matching, maka kamu wajib mencoba Colorhunt. 
    Akses Colorhunt melalui link: colorhunt.co

  5. Design Seeds
    Berbeda dengan 4 situs sebelumnya, Design Seeds tidak hanya menawarkan kombinasi warna semata, namun masing-masing palet warna diserta dengan contoh gambar. hal ini tentu saja sangat membantu bagi mereka yang bidang desainnya berhubungan dengan objek-objek tertentu, seperti tumbuhan, furniture, hewan, musim, dan sebagainya.
    Akses Design Seeds melalui link: design-seeds.com
Pemilihan warna adalah hal yang sangat vital dalam dunia desain grafis, maka pastikan palette warna yang kamu gunakan adalah yang terbaik. demikian artikel tentang 5 situs color palette terbaik di tahun 2020 versi Nakomiku Desain, semoga memberikan manfaat.