SMK Jurusan Multimedia Pencetak Desainer Grafis Handal

SMK Jurusan Multimedia Pencetak Desainer Grafis Handal

Nakomikudesain.com Tamat dari Sekolah Menengah Pertama atau yang biasa disingkat SMP maupun tingkat sederajatnya, para umumnya akan sibuk untuk menentukan kedepannya mau lanjut sekolah atau memilih pilihan yang lain. untuk yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya, mereka lagi-lagi akan dihadapkan pada pilihan, mau lanjut ke Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau lanjut ke Madrasah Aliyah (MA). SMK menjadi pilihan yang cukup populer diberbagai kalangan karena lulusannya dianggap sudah memiliki keterampilan untuk bekerja langsung didunia industri tanpa haruss melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi terlebih dahulu, namun lulusan SMK tetap bisa melanjutkan pendidikan sampai kebangku perkuliahan sama seperi lulusan SMA dan sederajat. SMK terdiri dari beberapa bidang keahlian yang terbagi lagi kedalam berbagai program keahlian dan kompetensi atau yang biasa juga disebut dengan Jurusan. kalau kamu memiliki hobbi, ketertarikan dengan Desain Grafis, maka Jurusan SMK yang cocok buat kamu adalah Jurusan Multimedia!
Ilustrasi Konten (sumber gambar : unsplash.com)

Ngomong-ngomong nih, kamu udah tahu kan apa itu Desain Grafis? Menurut wikipedia, Desain Grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. pelaku Desain Grafis disebut Desainer Grafis.

Lanjut membahas tentang jurusan Multimedia, mungkin kamu bingung mengapa jurusan ini sangat cocok untuk peminat desain grafis. Jawabannya adalah karena sebagian mata pelajaran baik teori maupun praktek pada jurusan Multimedia, adalah hal yang sangat penting dikuasai oleh seorang desainer grafis.

Beberapa mata pelajaran yang terkait dengan desain grafis  pada SMK Jurusan Multimedia yaitu:

  • Simulasi dan Komunikasi Digital
  • Dasar Desain Grafis
  • Desain Grafis Percetakan
  • Animasi 2D dan 3D
  • Teknik Pengolahan Audio dan Video
  • Produk kreatif dan Kewirausahaan

Dengan berbekal materi dan praktek mata pelajaran diatas, kamu tentunya sudah memiliki cukup bekal untuk terjun kedunia indutsri dan menjadi desainer grafis profesional. belum lagi ketika kamu mengikuti program Praktek Kerja Industri yang akan sangat memberikan pengetahuan tentang bagaimana atmosfer dunia industri yang sesungguhnya yang akan membentuk mental kamu. Buat yang belum tahu, Praktek Kerja Industri adalah program khusus bagi siswa-siswi SMK untuk terlibat langsung dalam dunia industri sesuai bidan/jurusangnya dengan jangka waktu tertentu (biasanya 3-5 Bulan).

Prospek Kerja lulusan SMK Jurusan Multimedia

Ilustrasi Lulusan SMK (sumber : unslpash.com)

Lulusan SMK Jurusan Multimedia tentu saja memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas, apa lagi saat ini hampir semua bidang bekerjaan, membutuhkan desainer grafis. beberapa jenis pekerjaan yang paling cocok untuk lulusan jurusan ni adalah:
  • Ilustrator/Animator
    Ilustrator maupun Animator sama-sama membutuhkan imajinasi yang tinggi, agar kreativitas dan kualitas karya tetap terjaga. Seorang ilustrator memiliki jobdesk untuk mengilustrasikan suatu peristiwa dalam bentuk gambar/ilustrasi agar lebih menarik dan mudah dimengerti. sedangkan Animator memiliki Jobdesk yaitu membuat animasi/gambar bergerak tentang suatu peristiwa. 

  • Web Designer
    Pekerjaan sebagai seorang Web Designer termasuk pekerjaan dengan tingkat kesulitan tinggi namun sebanding dengan gaji yang juga cukup tinggi untuk posisi ini. Seorang Web Designer harus memiliki kemampuan dua kemampuan sekaligus, yaitu Desain Grafis serta Coding. Kemampuan Desain Grafis digunakan untuk membuat tampilan web menjadi lebih menarik, interaktif dan komunikatif. Sedangkan kemampuan Coding berguna untuk mengolah tampilan web yang telah didesain/dibuat agar saling terkait satu sama lain serta agar dapat berjalan pada penyedia laman web.

  • Desainer Grafis
    Jobdesk untuk pekerjaan ini berbagai macam tergantung kebutuhan perusahaan, misalnya membuat desain banner, medesain flyer, membuat desain untuk konten sosial media dan webiste, bahkan membuat desain untuk keperluan branding (logo, maskot, dll). seorang Desainer Grafis dituntut untut untuk selalu mampu membuat desain yang sesaui dengan kebutuhan perusahaan/client.

  • Game Designer
    Ini mungkin menjadi pekerjaan yang banyak diinginkan oleh kaum muda, apalagi yang hobbi bermain game. Sesuai namanya, jobdesk dari pekerjaan ini adalah membuat konsep game yang akan dibuat. Game Designer akan lebih berfokus pada tampilan grafis dari game yang akan dibuat. Game Designer akan bekerjasama dengan tim lainnya untuk mengerjakan bagiannya masing-masing, seperti membuat alur cerita, mengatur dialog karakter, dan sebagainya.

Demikianlah Penjelasan singkat tentang jurusan multimedi pencetak Desainer grafis handal yang ditulis oleh tim Nakomiku Desain. tetap semangat wujudkan mimpi jadi Desainer Grafis Profesional!