Memahami Trend Desain Cyberpunk

Memahami Trend Desain Cyberpunk


Nakomikudesain.com ada berbagai macam gaya desain yang ada didunia ini. ada yang bergaya retro, ada yang bergaya flat, ada yang bergaya futuristik, dan masih banyak gaya desain lainnya. semua gaya desain tersebut memiliki penikmatnya masing-masing, tidak terkecuali yang bergaya futuristik. salah satu jenis desain yang menggunakan konsep futuristik adalah Cyberpunk. lalu, bagaimana konsep futuristik ala Cyberpunk tersebut? 
desain yang menggunakan gaya Cyberpunk
(sumber gambar : boredpanda.com)

Menurut wikipedia, Cyberpunk adalah sebuah subgenre fiksi ilmiah yang menggambarkan eadaan distopia disertai pemanfaatan teknologi tingkat tinggi. buat kamu yang gak paham apa itu distopia, distopia adalah suatu komunitas atau masyarakat yang keberadaannya tidak diinginkan atau terkesan menakutkan. secara sederhana cyberpunk dapat dikatakan sebagai suatu keadaan dimasa depan dengan penggunaan teknologi tingkat tinggi.  subgenre ini baru mulai dikenal luas sekitar tahun 1980, ditandai dengan terbitnya novel Neuromance (1984) karya william gibson dan film-film seperti Blader Runner (1980) dan Akira (1988). istilah "cyberpunk" pertama kali diperkenalkan melalui novel yang berjudul Cyberpunk yang ditulis oleh Bruce Bethke pada tahun 1980 (namun novel ini baru diterbitkan pada tahun 1982).

filosofi cyberpunk ini juga digunakan dalam dunia desain grafis. berbagai ilutsrasi tentang keadaan-keadaan dimasa depan dengan teknologi yang belum ada dimasa ini (misalnya polisi robot yang diilustrasikan sedang berkeliaran di jalan-jalan raya). gaya cyberpunk dalam desain grafis kemudian mengalami perkembangan dimana ilustrasinya tidak selalu tentang kerusuhan, tetapi bisa berupa landscape perkotaan namun tetap dengan nuansa teknologi tingkat tinggi. 
ilustrasi ala cyberpunk
(sumber gambar: pinterest.com)

untuk memudahkan mengenali gaya desain ini, cyberpunk memiliki ciri khas yang cukup umum digunakan oleh beberapa desainer grafis, ciri khas tersebut adalah penggunaan efek neon light pada karakter dan properti yang terdapat pada desain/ilustrasi yang dibuat. Tidak dapat dipungkiri memang, bahwa efek neon light memberikan nuansa yang sangat futuristik, cirikhas desain cyberpunk yang lain adalah penggunaan warna cerah dan ceria. merah, biru, kuning, jingga, adalah warna-warna yang sangat lekat dengan gaya desain ini, yang kemudian dipadukan dengan efek neon light.


 Lalu, dibelahan mana didunia ini yang merepresentasi atau paling tidak mendekati suasana seperti yang digambarkan Cyberpunk? menurut William Gibson dalam wawancarnya bersama majalah TIME, jawabannya adalah Jepang. alasannya adalah karena kemajuan teknologi di negara jepang sangat pesat, khususnya dibidang robotika. dikehidupan sehari-haripun, jepang saat ini banyak menggunakan robot otomatis yang memiliki kecerdasarn buatan yang mampu menggantikan peran manusia.

Apakah Cyberpunk saat ini masih diminati?

jawabannya tentu saja Ya. namun, untuk saat ini, cyberpunk ini tidak sepopuler flat design maupun line art yang cukup digemari oleh masyarakat awam. ilustrasi karakter maupun desain web/landing page saat ini masih didominasi oleh dua jenis desain tersebut. namun, bukan berarti cyberpunk tidak ada peminatnya. untuk saat ini, gaya desain cyberpunk memiliki segmennya sendiri. misalnya untuk musisi-musisi aliran tertentu (misalnya EDM), cukup menggemari gaya desain cyberpunk karena gaya desain ini memang mampu merepresentasikan aliran musk tersebut.


buat kamu yang gemar membuat ilustrasi atau desain tentang kemajuan-kemajuan teknologi atau yang berlatar kehidupan dimasa depan, gaya desain cyberpunk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika merasa skill kamu belum mumpuni untuk membuat desain dengan gaya cyberpunk, sekarang saat yang tepat untuk mulai belajar. manfaatkan semua fasilitas yang ada untuk belajar (youtube, google, instagram, dan masih banyak lagi sumber daya yang bisa dimanfaatkan). semakin kamu menunda waktu belajar, maka semakin tertinggal pula skill kamu.

Demikianlah pembahasan tentang trend desain Cyberpunk kali ini, nantikan pembahasan tentang gaya desain lainnya di Nakomiku Desain ya. Sampai Jumpa!