Tutorial mengganti MAC Address di Laptop

Tutorial mengganti MAC Address di Laptop

namkomikudesain.com Menurut wikipedia, yang dimaksud dengan Media Access Control Address (MAC Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan taut data dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. Secara singkat, MAC Address dapat dikatakan sebagai identitas asli suatu perangkat dalam sistem jaringan.
(sumber gambar : unsplash.com)
sebagaimana manusia dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dilarang ke  daerah tertentu, atau dilarang menggunakan fasilitas tertentu, MAC Adress kamu juga bisa di blacklist atau di block oleh administrator suatu jaringan jika kamu melakukan kegiatan yang dianggap merugikan bagi penyedia atau pemilik jaringan tersebut. hal tersebut bisa saja terjadi, misalnya, kamu numpang connect ke wifi tetangga, dan kamu melakukan aktivitas yang membuat koneksi wifi menjadi lag, entah itu mendownload file, streaming video,  dan sebagainya. ketika MAC Address laptop kamu diblock, maka laptop/perangkat yang kamu gunakan tidak akan bisa mengakses ke internet, meski statusnya masih connect ke wifi yang bersangkutan. oleh sebab itu, agar laptop/perangkat yang kita gunakan bisa kembali terhubung keinternet menggunakan wifi yang sama, maka solusinya adalah dengan mengganti MAC Address. kalau kamu belum tahu cara mengganti MAC Address laptop/PC, maka kamu wajib baca artikel ini sampai habis.

Software yang dibutuhkan

Untuk mengganti MAC Address dilaptop/PC, terlebih dahulu kita harus mengintsal Software yang bernama Technitium MAC Address Changer. Kalau belum punya aplikasi tersebut, silahkan download terlebih dahulu di situs resminya yaitu : https://technitium.com/tmac/ . Tenang saja, Aplikasi ini bersifat free yang artinya kita tidak perlu membeli lisensi tertentu agar bisa menggunakannya. setelah selesai selesai didownload, selanjutnya install aplikasi tersebut seperti biasa. setelah selesai selesai menginstal, kita lanjut ke langkah-langkah menggunakan aplikasi Technitium MAC Address Changer untuk mengganti MAC Address.

Langkah-langkah Mengganti MAC Address

berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi ini untuk mengubah MAC Address Laptop/Perangkat.
  1. Buka Aplikasi Technitium MAC Address Changer (TMAC) dengan cara klik kanan pada icon aplikasi, kemudian pilih run as administrator. jika muncul peringatan, klik "yes" saja.
    (catatan : icon aplikasi TMAC terdapat disektop laptop/PC seperti pada gambar berikut.)
    Icon aplikasi TMAC
  2. kemudian akan muncul tampilan awal aplikasi TMAC seperti dibawah ini.
    Tampilan awal aplikasi TMAC
  3. pastikan semua jenis koneksi tercentang seperti pada gambar dibawah (perhatikan arah panah warna kuning).
    centang semua jenis koneksi
  4. setelah itu klik Random MAC Adress seperti pada gambar dibawah lalu akan muncul beberapa digit kode dalam kotak. ( kode tersebut merupakan MAC Address yang nantinya akan menjadi MAC Address baru kita).
    Random MAC Address
  5. kemudian klik change Now! seperti pada gambar, dan tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi bahwa MAC Address kita sudah selesai di ubah.
    Change Now! - TMAC
  6. Notifikasi yang muncul bahwa MAC Address laptop kita telah selesai diubah.
    MAC Address berhasil diubah
  7. Selamat, MAC Address sudah diganti dan laptop kita sudah bisa menggunakan WIFI yang sebelumnya memblock MAC Address laptop kita.
Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan informasi seputar Teknologi khususnya MAC Address, dan tidak bermaksud untuk digunakan dalam hal keburukan. Gunakanlah sumber daya dengan lebih bijak, apalagi jika itu bukan menjadi hak milik kita. terima kasih telah membaca!