Mengenal Istilah Art Block bagi anak desain grafis

Mengenal Istilah Art Block bagi anak desain grafis



sebagai pekerja seni yang selalu dituntuk untuk memberikan karya yang fresh, inovatif, dan menarik, desainer grafis biasanya mengalami kebuntuan ide atau yang biasa kita kenal dengan istilah Art Block.
Art Block (sumber gambar : Unsuplash)
Lalu apa yang dimaksud dengan Art Block? Art Block adalah suatu keadaan dimana seniman atau desainer mengalami kebuntuan dalam menciptakan atau mengembangkan suatu karya. Hal ini bisa saja terjadi karena faktor internal maupun eksternal. faktor internal bisa berupa Mood Swing, hilangnya motivasi, bahkan stress. faktor eksternal bisa berupa kurangnya referensi desain, client yang tidak jelas briefnya, dan keadaan lingkungan sekitar yang mungkin saja mempengaruhi kreativitas kamu. lalu bagaimana cara mengatasi Art Block? tim Nakomiku Desain punya tips buat kamu biar gak mengalami yang namanya Art Block. 

  1. Beri Jeda
    berikan jeda sejenak ketika sedang mendesain. produktif memang baik, namun jika dilakukan secara terus-menerus tanpa istirahat, hal tersebut justru bisa mengakibatkan artblock. luangkan waktumu sekitar 30 - 60 menit untuk melakukan hal-hal diluar proses mendesain. misalnya memberi makan hewan peliharaan, menyiram tanaman, atau mungkin sejenak ngobrol dengan teman atau keluarga.
  2. Bereksperimen
    memiliki ciri khas desain adalah hal yangat diinginkan oleh setiap desainer. namun ketika kamu stuck pada desain tertentu dan merasa skill kamu tidak berkembang, maka jangan ragu untuk melakukan eksplorasi gaya desain. dengan melakukan eksperimen gaya desain ini, kamu bisa menemukan sudut pandang lain dari desain kamu yang sebelumnya, sehingga kamu dapat mengkolaborasikan antara desain lama daengan desain baru kamu.
  3. Liburan
    art block bisa terjadi akibat kita melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang untuk waktu yang lama. oleh sebab itu, liburan bisa menjadi solusi buat kamu yang mengalami art block. kamu bisa bepergian di akhir pekan atau di akhir bulan, dan ketika liburan, usahakan untuk tidak mengerjakan kegiatan yang sebelumnya menjadi rutinitas kamu. selesai liburan otak kamu bakal lebih fresh, ibarat laptop yang selesai di instal ulang.
  4. Mengakui Batas Kemampuan
    mengakui batas kemampuan bukan berarti menyerah untuk belajar, namun menjadi motivasi bahwasanya usaha belajar kita belum maksimal, dan tentu saja solusinya adalah belajar lebih keras dan lebih giat lagi. Karya yang baik tercipta dari ribuan karya yang gagal.
Demikianlah penjelasan tentang Art Block dan Cara mengatasinya. Tidak perlu takut ketika ide tidak kunjung muncul dan merasa kualitas desain kita jelek, sebab semua masalah pasti ada solusinya. Tetap semangat!