Konsep dan Filosofi Logo Baru Xiaomi - Nakomiku Desain

nakomikudesain.com Xiaomi menjadi perbincangan hangat netizen pada akhir bulan maret sampai awal april 2021 karena rebranding logo perusahaan mereka yang memakan biaya sekitar 4,4 miliar rupiah dinilai terlalu mirip dengan logo sebelumnya. Seperti apa sih perbandingan logo xiaomi sebelum dan sesudah di perbarui, serta apa konsep dan filosofi didalamnya? simak artikel ini sampai habis ya!
Konsep dan Filosofi Logo Baru Xiaomi - Nakomiku Desain
 Baca Juga : Profil Kenya Hara, Desainer Dibalik Logo Baru Xiaomi

Konsep dan Filosofi Logo Baru Xiaomi - Nakomiku Desain

Setiap logo suatu brand atau perusahaan pasti memiliki makna yang tergantung didalamnya. Umumnya logo atau visual brand merupakan wujud representasi dari visi misi perusahaannya. Begitupun juga dengan logo baru Xiaomi yang memiliki konsep dan filosofi mendalam, walaupun dimata beberapa masyarakat awam logo baru tersebut tidak worth it karena selain bentuknya yang tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan logo sebelumnya, biaya pembuatan logo ini juga tidak sedikit. Xiaomi bersama dengan desainer untuk logo baru mereka, Kenya Hara, memberikan penjelasan tentang konsep dan filosofi pada logo baru Xiaomi.

Konsep Logo Xiaomi

Menurut penuturan Kenya Hara, logo baru xiaomi ini mengusung konsep desain "ALIVE". Dia yakin teknologi inovatif Xiaomi telah menghadirkan kenyamanan dan menawarkan kepada orang-orang kemampuan untuk memiliki kendali optimal atas hidup mereka, dan dapat mengakomodasi perubahan apa pun di lingkungan. Hara menggunakan rumus matematika Superellipse pada desain logo baru xiaomi  ini. Meskipun ada opsi tak terbatas antara bujur sangkar dan lingkaran sempurna, perancang mencapai keseimbangan dinamis yang optimal secara visual dengan menyesuaikan variabel dalam rumus. Menggunakan n = 3 mencapai keseimbangan sempurna antara persegi dan lingkaran, melambangkan aspek inti dari "Alive", menghasilkan logo Xiaomi baru yang kita lihat sekarang. 

Konsep Alive adalah pemikiran dan tanggapan Xiaomi terhadap titik balik di era interkonektivitas cerdas. Sebagai perusahaan teknologi, Xiaomi berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak inovasi di seluruh dunia dan penting bagi merek untuk tumbuh bersama penggunanya. Karena Xiaomi tumbuh dengan pesat, merek ini juga mendapatkan lebih banyak teman di sepanjang jalan. Xiaomi memasuki dekade baru karena memperluas kehadirannya dari massa ke pengguna premium, dari teknologi hingga ruang seni, dari online hingga offline dan di seluruh dunia. Identitas merek baru ini akan mendorong Xiaomi maju dalam dekade mendatang.
Konsep dan Filosofi Logo Baru Xiaomi - Nakomiku Desain

Filosofi Logo Xiaomi

“Alive” menafsirkan filosofi Xiaomi dari perspektif visual, memberikan merek citra visual yang penuh kehidupan: manusia itu hidup - teknologi diciptakan oleh manusia - teknologi, dengan demikian, juga hidup. Teknologi akan selalu melayani kebutuhan hidup. Xiaomi meninggalkan bentuk kotak persegi pada logo sebelumnya, diganti dengan bentuk ellipse. Dibandingkan dengan benda siku-siku, lingkaran merupakan bentuk yang lebih lincah, yang merupakan representasi sempurna dari kelenturan, keteguhan hati dan kemauan Xiaomi untuk bergerak maju.
 

Demikianlah artikel tentang "Konsep dan Filosofi Logo Baru Xiaomi - Nakomiku Desain" semohga bermanfaat dan memberikan inspirasi.

Tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Tim Nakomiku Desain? Silahkan hubungi kami melalui email : nakomikudesain@gmail.com